Biaya perawatan kucing di Swiss

Waktu baru pindah ke Swiss saya selalu shock saat belanja dimanapun karena harganya jauh lebih mahal dari negara tetangga seperti Italia, Jerman dan Prancis apalagi Indonesia. Suami selalu bilang jangan banding-bandingkan harga di Swiss dengan negara tetangga apalagi Indonesia, nanti malah tidak jadi belanja. Setelah beberapa bulan disana saya mulai terbiasa tapi kalau belanja tetap cari yang murah dan diskonan hahaha. Akibat shock nilai tukar dan standar hidup di Swiss saya jadi berpikir panjang (1 tahun) sebelum mengadopsi kucing. Berkat dorongan suami akhirnya jadi semangat untuk mengadopsi kucing. Mungkin karena lelah melihat saya main Instragram berjam-jam memandangi kucing-kucing lucu atau saya terobsesi main sama kucing tetangga. Setiap kami keluar rumah dan bertemu kucing, saya pasti berhenti dan bermain sebentar atau paling tidak mengelus-elusnya berbekal cat treat. Pernah kejadian tangan saya dicakar salah satu kucing tetangga sampai luka-luka. Kucing domestik, jantan, belang, berbulu pendek dan tampan itu namanya Broccoli. Dulu dia pernah minggat dari rumah dan pemiliknya mencari kemana-mana. Akhirnya setelah 2 minggu dia ditemukan 25 kilometer dari kota Bern, entah bagaimana Broccoli bisa pergi sejauh itu. Tapi saya sudah menduga sejak pertama kali bertemu dan setelah kena cakar bahwa Broccoli has a free soul or simply unhappy. Kucing sebenarnya punya jiwa yang bebas dan sangat mandiri, kenyataannya binatang ini adalah the most efficient solo hunter. Dengan kecerdasan dan kemampuan navigasi yang handal, menemukan jalan pulang (jika mereka mau) bukan hal yang sulit apalagi untuk outdoor cat seperti Broccoli. Salah satu karakter yang saya kagumi dari kucing adalah kemandirian dan keberaniannya. They never stuck in a place where they are unhappy or have no dignity. Menurut  pendapat saya, kucing kabur dari rumah sebenarnya karena mereka tidak betah dan mau mencari tempat dimana mereka hidup lebih bahagia. 2 tahun lalu Broccoli dan pemiliknya pindah, kami tidak pernah melihatnya lagi duduk di pilar gerbang apartemen. Itu tempatnya biasa nongkrong mengamati burung-burung dan orang-orang lewat. Saya berharap di rumah barunya Broccoli tidak pernah kabur lagi. 

Apartemen kami berada di lantai tiga dan itu menyulitkan untuk memelihara kucing outdoor secara teknis terutama untuk jalur keluar-masuknya kucing. Alasan lainnya kami memilih untuk memelihara kucing indoor yang bisa kami awasi secara penuh. Kucing saya yang mati beberapa tahun lalu di Jakarta namanya Bonbon jenisnya British Shorthair. Tapi kucing BSH ini ukurannya cukup besar bisa mencapai 10 Kg setelah dewasa. Terlalu berat untuk orang berukuran tubuh mini seperti saya. Karena saya harus bisa membawa kucing ke dokter hewan atau jalan-jalan sendiri naik kendaraan umum jika suami tidak bisa ikut misalnya. Akhirnya kami memutuskan memilih kucing yang hampir sama karakternya tapi lebih kecil ukurannya. Pilihan jatuh pada Scottish Shorthair yang  memiliki raut wajah jenaka yang mirip British Shorthair. Kucing ras ini dikenal sangat gentle, easy going, friendly pada anak-anak, sesama kucing dan hewan peliharaan lainnya. Kenyataannya sudah hampir 3 tahun kami mengadopsi Amaretto, tidak sekalipun pernah terluka akibat gigitan atau cakarannya bahkan saat bermain sekalipun. Hanya sekali Amaretto memecahkan pot berisi kaktus di ruang tamu itupun sesaat setelah pulang dari dokter hewan (sterilisasi). Mungkin pengaruh obat bius setelah operasi membuatnya jadi kurang waspada. 

Harga anakan kucing ras BSH dan Scottish Shorthair disini berkisar antara CHF 1000-2000 atau sekitar 15 sampai 30 juta. Biasanya sudah termasuk sertifikat pedigree dan vaksin lengkap saat anak kucing sudah disapih (4 bulan) dan bisa diadopsi. Harga itu belum termasuk buku passport yang diterbitkan dokter hewan Swiss dan pemasangan microchip meskipun kedua hal ini tidak wajib bagi pemilik kucing. Karena kami berencana membawa Amaretto jalan-jalan ke negara tetangga atau mudik ke kampung suami (Italia) dia harus memiliki passport, microchip dan vaksin rabies yang valid. Hal ini mematuhi aturan pemerintah federal untuk kucing yang dibawa keluar masuk Swiss. Aturan Pemerintah Swiss terkait hal tersebut secara detail dijelaskan dalam tautan ini di bawah ini (ada versi Bahasa Inggris) : https://www.blv.admin.ch/blv/en/home/tiere/reisen-mit-heimtieren/online-hilfe-hunde-katzen-frettchen.html#par. Untuk pembuatan passport di dokter hewan biayanya sekitar CHF 40 atau IDR 600 ribu, pemasangan microchip dan suntik rabies sekitar CHF 80 atau IDR 1,2 juta dan sterilisasi CHF 80 atau IDR 1,2 juta (kucing jantan). Untuk kucing betina biaya sterilisasi bisa mencapai CHF 120 atau sekitar IDR 1,8 juta. Total biaya yang dikeluarkan untuk adopsi, passport, vaksin (rabies), microchip dan sterilisasi Amaretto adalah CHF 1,200 atau IDR 18 juta. Jika tidak mau mengeluarkan biaya adopsi kucing ras yang lumayan mahal bisa coba minta kucing domestik ke petani Swiss, biasanya mereka mau memberi secara gratis anak kucingnya. 

Selain urusan dokumentasi dan vaksin, peralatan untuk perawatan kucing harus dibeli dan dipersiapkan sebelum anak kucing sampai di rumah. Kebutuhan pokoknya yaitu litter box, waste container, food bowl, water fountain, scratching post, blanket dan pet carrier. Semua kami beli online di petshop yang paling ekonomis, lengkap dan layanan yang sangat efisien yaitu Zooplus (www.zooplus.ch). Berikut detail perlengkapan yang kami beli untuk Amaretto dengan total biaya CHF 219 atau IDR 3,285 juta. 

  1. Litter box Modkat Flip harganya CHF 90 sekitar IDR 1,350 juta belum termasuk internal cover-nya yang harus diganti 3 bulan sekali harganya CHF 15 sekitar IDR 225 ribu.
  2. Waste container yaitu tempat penampungan kotoran sementara brand litter locker yang bisa menahan bau sampai 100 persen. Harganya CHF 25 atau IDR 375 ribu belum termasuk litter locker II  (plastik penampung sampah) yang harus diganti setiap bulan (tergantung pemakaian) harganya CHF 10 atau IDR 150 ribu.
  3. Food bowl bahan keramik keluaran trixie harganya CHF 5 atau IDR 75 ribu untuk mangkok biscuit dan CHF 4 atau IDR 60 ribu untuk mangkok wet food.
  4. Water fountain brand Catit mini berbahan plastik harganya CHF 23 atau IDR 345 ribu belum termasuk water filter yang harganya CHF 4 atau IDR 60 ribu isinya 3 filter dan perlu diganti tiap bulan. 
  5. Scratching post jadi satu dengan cat tree yang tingginya 80cm harga CHF 34 atau IDR 510 ribu keluaran Oase.
  6. Blanket berbahan flanel dan berukuran 1X1.5m harganya CHF 5 atau IDR 75 ribu produksi Pawty.
  7. Pet Carrier yang bisa dilipat dan bisa membawa kucing dengan berat maximal 6 kg harganya CHF 33 atau sekitar IDR 495 ribu.

Selain itu ada pengeluaran rutin tiap bulan yaitu makanan kering (biskuit), makanan basah dan litter sand (pasir toilet). Litter sand yang kami gunakan jenis vegetal alias bahan organik brand-nya cat’s best varian original yang harganya CHF 20 sekitar IDR 300 ribu volume 20 liter yang habis dipakai dalam 2 bulan maximal. Biskuit yang selalu kami berikan ke Amaretto brand Royal Canin 2 kg untuk 2 bulan maximal harganya sekitar CHF 23-25 atau IDR 375 tergantung variannya. Karena Amaretto agak rewel dengan bau dan tekstur makanannya varian yang sering kami beli Royal Canin Aroma Exigent 33 dan Royal Canin Exigent 35/30. Bulunya sering rontok pada musim semi dan panas sehingga kami juga membeli varian Royal Canin Hairball Care. Untuk menjaga berat badan yang ideal varian Royal Canin Protein Exigent 42 juga sering kami tambahkan. Sesuai saran dokter hewannya, campuran biskuit maximum 2 varian tidak boleh lebih. Kami ganti-ganti saja campurannya dengan 4 jenis tadi agar tidak bosan. Untuk wet food  setelah mencoba beberapa brand yang paling disukai Amaretto Almonatura (Italy) dan Applaws (UK). Varian favoritnya : Tuna, Salmon, Tuna and Anchovy, Sardine and Mackerel, Chicken and Duck, Salmon and Chicken, Tuna and Chicken. Amaretto tidak suka daging merah dan seafood, pernah kami berikan tapi tidak pernah dimakan. Wet food bisa habis 1 kaleng/hari berat 70 gr harganya sekitar CHF 1.5 atau IDR 22.5 ribu per kaleng untuk Almonatura dan CHF 1.33 atau IDR 20 ribu per kaleng untuk Applaws. Biaya untuk litter sand, biscuit dan wet food totalnya per bulan sekitar CHF 67.5 atau IDR 1 juta. Sedangkan cover litter box, refill litter lock dan water filter sekitar CHF 16.3 atau IDR 245 ribu. Jadi total biaya bulanan untuk toilet, makan, minum CHF 85.8 atau IDR 1,287 juta. 

Asuransi kesehatan Amaretto menggunakan  Animalia yang merupakan bagian dari Group Vaudoise. Preminya CHF 15 atau IDR 225 ribu per bulan tapi harus dibayar langsung 12 bulan di awal tahun CHF 180 atau IDR 2,7 juta. Asuransi ini mencakup biaya vaksin maximum CHF 50/tahun dan coverage yang tidak terbatas termasuk penyakit kronis dengan franchise CHF 250 atau IDR 3,750 juta. Artinya asuransi akan menanggung biaya pengobatan di atas CHF 250. Premi ini juga termasuk biaya transport maximum CHF 100 atau IDR 1,5 juta dalam keadaan emergensi jika hewan yang diasuransikan sakit. Selain itu asuransi juga menanggung biaya pengobatan alternatif maximum CHF 600 atau IDR 9 Juta. Jika ditotalkan semua biaya makan, minum, toilet dan asuransi setiap bulannya sekitar CHF 100 atau IDR 1,5 juta untuk satu ekor kucing. Itu belum termasuk biaya cat sitter (jika kami pergi liburan) mainan, cat treat aksesori dan alat-alat grooming ya. Kalau kalian, berapa yang harus dikeluarkan untuk merawat kucing kesayangan? 



2 thoughts on “Biaya perawatan kucing di Swiss”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *